2 Cara Untuk Memastikan MicroSD Asli atau Palsu

by Achmad Subarti | Filed under Internet & Teknologi, Tips & Tutorial.

Seiring makin trend-nya kemunculan Smartphone, maka kebutuhan terhadap Kartu Memori (MicroSD) sebagai media penyimpanan tambahan di smartphone juga ikut terus meningkat. Dengan alasan itu pula tidak mengherankan jika para produsen elektronik (baik pemain lama ataupun pemain baru) makin semangat menghadirkan MicroSD buatan mereka untuk mengisi kebutuhan pasar MicroSD yang cukup menjanjikan.

Tapi sayangnya, potensi pasar MicroSD yang menggiurkan tidak hanya di isi oleh produk-produk dari produsen resmi saja, tapi juga oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab turut ikut mencari celah keuntungan di pasaran MicroSD, namun tentu dengan cara salah yakni menjual MicroSD palsu bermerek branded misalnya merek Samsung, SanDisk, Transcend, Team, V-Gen dan merek terkenal lainnya.

Untuk itu agar bisa memastikan kalau kamu bukanlah korban dari penjualan MicroSD palsu, ada baiknya kamu sudah bisa mengetahui jika MicroSD milikmu sudah benar-benar asli. Adapun cara mengetahui MicroSD asli atau palsu bisa dilakukan dengan dua cara seperti dibawah ini.

1) Menganalisa Fisik MicroSD

MicroSD asli umumnya memiliki tanda khusus. Untuk beberapa MicroSD buatan vendor tertentu biasanya ditandai dengan adanya sebuah hologram yang terpasang di fisik MicroSD.

Tapi ingat, hologram itu bukanlah satu-satunya informasi keaslian. Sebab ada juga MicroSD asli namun tidak memiliki hologram, atau sebaliknya ada hologram nya namun ternyata palsu (karena hologram dapat dipalsukan).

Cara lain mengetahui jika MicroSD asli atau palsu ialah dari cetakan di cover (kemasan) penjualannya. MicroSD asli biasanya memiliki cover yang terlihat rapi dan agak gelap warnanya, serta tertera QR Code yang bisa di scan.

MicroSD Sandisk

Selain itu MicroSD asli biasanya memiliki tanda seperti, pada bagian belakan fisiknya terdapat sebuah baris tulisan, dimana baris pertama menyatakan kode size MicroSD. Cetakan tulisan pada MicroSD juga terlihat rapi dan tidak terlalu tebal tulisannya.

Cara untuk mengetahui MicroSD asli atau palsu diatas sebenarnya tidak mutlak harus persis sama semuanya. Tapi sebagai patokan, beberapa ciri-ciri MicroSD asli terkadang memiliki tanda-tanda seperti yang sudah disebutkan.

2) Cek Keaslian MicroSD Menggunakan Aplikasi SD Insight

Buat kamu pengguna smartphone Android yang sudah terlanjur membeli MicroSD, salah satu cara ampuh untuk mengetahui keaslian MicroSD yang kamu beli ialah dengan menggunakan aplikasi SD Insight.

Cukup download dan install aplikasi SD Insight lewat Play Store disini, setelah itu jalankan aplikasinya. Nanti dari aplikasi SD Insight tersebut, pilih menu “SD Card” (menu berada dipojok kiri atas dekat icon kartu memori) untuk melihat detil info MicroSd yang kamu miliki.

Apabila informasi manufacture dikenali oleh aplikasi SD Insight, itu tandanya MicroSD adalah asli.

Contoh MicroSD Asli: Manufacture Sandisk

MicroSD Asli: Manufacture Sandisk

Sedangkan bila informasi manufacture tidak diketahui, besar kemungkinan MicroSD adalah palsu.

Contoh MicroSD Palsu: Manufacture tidak dikenali

MicroSD Palsu: Manufacture tidak dikenali

Ada beberapa MicroSD bermerek tertentu misalnya V-Gen atau Transcend, tapi ketika di cek menggunakan SD Insight menunjukkan informasi bahwa manufacture-nya adalah Samsung. Untuk hal seperti ini MicroSD tersebut juga bisa dikatakan masih asli.

Sebagai bahan tambahan agar tidak salah memilih MicroSD. Pastikan kamu membeli MicroSD ditempat terpercaya. Dan pastikan pula sebelum membeli MicroSD, ada jaminan garansi yang diberikan oleh penjual atau distributornya (karena MicroSD asli merek tertentu seperti Samsung, Sandisk, Transcend, V-Gen, Team, memang menawarkan garansi kerusakan oleh vendor pembuatnya).

Leave a Reply

View Desktop Version