ARC Welder: Menjalankan Aplikasi Android di Komputer via Browser Chrome

by Achmad Subarti | Filed under Apps & Games, PC & Tablet, Tips & Tutorial.

Android Apps

Google baru saja meluncurkan sebuah tool bernama ARC Welder. Fungsi dari tool ini sendiri dibuat untuk memungkinkan agar aplikasi Android dapat berjalan di perangkat komputer atau laptop berbasis Windows, Linux maupun MacOS via browser Chrome.

Apa itu ARC Welder & Hubungannya Dengan Browser Chrome?

ARC Welder merupakan project perluasan dari App Runtime for Chrome (ARC) yang dirilis Google pada September tahun lalu. ARC maupun ARC Welder pada dasarnya memiliki fungsi sama yakni membuat aplikasi Android dapat berjalan di komputer sebagai aplikasi native. Hanya bedanya, jika ARC dikhususkan untuk komputer berbasis Chrome OS, maka ARC Welder dirancang sebagai extension yang berjalan dibawah browser Chrome.

Karena sistemnya yang terintegrasi dengan browser Chrome, maka itu berarti semua sistem operasi komputer yang didukung oleh browser Chrome juga dapat memanfaatkan tool ARC Welder ini untuk menjalankan aplikasi Android.

Cara Menggunakan ARC Welder di Browser Chrome

Bila kamu ingin menjalankan aplikasi Android di komputer Windows, Linux atau MacOS, maka kamu hanya perlu menyediakan tiga komponen diantaranya browser Google Chrome, extension ARC Welder dan tentunya file aplikasi (APK) android yang akan dijalankan. Lebih detail silahkan lihat step-stepnya dibawah ini:

Step 1: Jalankan browser Google Chrome di komputer, lalu pasang extension ARC Welder

extension ARC Welder untuk Google Chrome

Step 2: Setelah extension terpasang, silahkan buka “Chrome App Launcher” lalu jalankan “ARC Welder”

Chrome App Launcher ARC Welder

Step 3: Pilih “Chose” lalu tentukan (atau buat) folder sebagai letak ARC Welder menyimpan file-file sistem aplikasi Android yang kamu install nantinya.

Chose ARC Welder

Step 4: Berikutnya klik “Add your APK” lalu cari dan pilih file apk Android yang ingin kamu jalankan.

Sebelumnya kamu harus sudah menyediakan file apk dari aplikasi Android yang akan kamu jalankan di komputer

ARC Welder Add your APK

Gambar dicontohkan untuk menjalankan aplikasi Twitter for Android

Step 5: Setelah file apk dipilih, akan muncul beberapa opsi pilihan untuk mengatur bagaimana aplikasi Android nantinya ditampilkan. Silahkan atur sesuai keinginanmu lalu klik “Launch App”

ARC Welder - Launch App

Step 6: Bila proses berjalan lancar, maka aplikasi Android akan langsung dijalankan.

ARC Welder - Menjalankan Apps Android di Komputer via Chrome

Hasil dari aplikasi Twitter for Android yang di jalankan di komputer

Perlu Dicatat

Untuk saat ini ARC Welder statusnya masih dalam tahap developer tools sehingga kinerjanya belum stabil dan masih memiliki banyak bug. Berdasarkan hasil tes yang dilakukan, aplikasi Android seperti Instagram, Twitter, dan Path dapat dijalankan dengan sempurna, namun beberapa diantaranya memerlukan load yang cukup lama.

ARC Welder tidak dapat menjalankan lebih dari satu jenis aplikasi secara bersamaan. Hal ini lantaran setiap aplikasi yang dijalankan akan selalu menimpa aplikasi yang sebelumnya sudah kamu jalankan.

Satu hal yang perlu kamu ketahui, ARC Welder dibuat dengan basis Android 4.4 KitKat sehingga untuk menggunakan tool ini, diperlukan apk dari aplikasi Android yang sudah support dengan versi Android tersebut. Untuk melihat informasi tambahan mengenai ARC Welder, silahkan lihat melalui link ini.

One Response to “ARC Welder: Menjalankan Aplikasi Android di Komputer via Browser Chrome”

  1. Great application. Looks great on 10 taeblt. After update works even more smoothly. Have just one dislike. Lacking options to customize sidebar with custom buttons for enable/disable GPS WiFi 3G/4G and so on. Would be nice feature since some taeblts have hardware buttons for some of above functions like auto-rotate and flight mode. Otherwise great widget it worth every cent. Keep the good work.

Leave a Reply

View Desktop Version