Beli Aplikasi Android di Google Play Pake Pulsa, Begini Caranya!

by Achmad Subarti | Filed under Apps & Games, Gadget, Tips & Tutorial.

Google Play Store

Bisakah membeli aplikasi Android secara legal di Google Play Store dengan metode potong pulsa? Jawabannya, untuk saat ini sudah bisa!. Yah kabar gembira kini sudah menghampiri para pengguna ponsel Android, sebab Google telah menyediakan fitur “carrier billing” dari operator seluler Indonesia di play store.

Melalui fitur penagihan baru ini, pengguna Android tidak hanya dapat membeli aplikasi saja, tapi juga sudah dapat membeli game, buku dan kontent digital lainnya yang berbayar di play store menggunakan pulsa.

Tapi perlu diketahui, metode pembelian menggunakan pulsa ini masih sedikit ada kekurangannya. Intinya berbeda di Windows Phone Store yang sudah menyediakan opsi pembelian kontent digital yang di support dari tiga operator besar seperti Telkomsel, XL dan Indosat. Untuk google play store fitur ini baru hanya bisa didukung oleh operator Indosat saja.

Namun terlepas dari kekurangannya, dengan adanya dukungan fitur baru ini tentu rasanya sudah cukup memberikan angin segar bagi pengguna ponsel Android yang telah lama mengidamkan aplikasi-aplikasi berbayar. Khusus untuk cara pembelian kontent digital di play store menggunakan pulsa, caranya sangat mudah. Adapun langkah-langkahnya dapat dilihat selengkapnya seperti dibawah ini.

Persiapan

  • Pastikan ponsel telah menggunakan simcard dari operator seluler yang telah mendukung carrier billing di Google Play Store. (untuk saat ini baru di support oleh Indosat dengan kartu IM3, Mentari atau Matrix pascabayar).
  • Pastikan pulsa yang disediakan, mencukupi untuk membeli kontent digital yang diinginak di play store.
  • Pembelian konten digital di play store, semuanya berhubungan dengan akun google, jadi pastikan akun google (akun Gmail) anda sudah dihubungkan di Google Play Store.

Cara Beli Aplikasi atau Game Android Pake Pulsa

  • Jalankan aplikasi Google Play Store.
  • Cari dan pilih aplikasi atau game berbayar yang diinginkan. Lalu silahkan di “Terima” jika keterangan instalasi muncul (contoh gambar dibawah ialah game The World II Hunting BOSS).
    Beli Aplikasi Android
  • Anda akan melihat popup pembelian. Silahkan pilih pada bagian “harga” (contoh harga pada gambar dibawah ialah sebesar Rp12.000).
    Beli Game Android
  • Pilih “Opsi pembayaran”, lalu pilih “Aktifkan penagihan Indosat”. Jika muncul keterangan verifikasi akun, ditunggu saja sejenak yah!.
    Beli Aplikasi Android Pake Pulsa
  • Jika proses verfikasi telah selesai, akan muncul popup yang meminta anda memasukkan data-data. Silahkan isi isi dengan nomor handphone yang sedang anda gunakan (misalnya kartu IM3, Mentari, atau Martix), nama dan alamat anda. Setelah itu silahkan di “Simpan” dan “Terima” juga dirasa sudah tidak ada kesalahan.
    Beli Aplikasi Android Pake-Pulsa Indosat
  • Sekarang anda akan dibawah kembali ke langkah pembelian lengkap dengan biling dari Indosat (tagih akun Indosat saya). Dan disni anda tinggal pilih tombol “Beli” lalu lakukan “konfirmasi” password dari akun Google anda.
    Cara Beli Aplikasi Android Potong Pulsa
  • Jika sukses, pulsa anda akan langsung terpotong dan bukti pembelian akan dikirimkan melalui email dan SMS.

Pembatalan Pembelian

Jika salah memilih aplikasi yang dibeli, anda masi bisa melakukan pembatalan pembelian (refund). Caranya cukup cari aplikasi/game yang telah dibeli lalu tekan tombol refund.

Catatan:

  • Proses refund hanya dapat dilakukan selama batas waktu 2 jam dari waktu proses transaksi pembelian dilakukan.
  • Setelah proses refund dilakukan, pulsa akan dikembalikan maksimal 1×24 jam.

Nb: Contoh diatas, penulis demokan pada Samsung Galaxy Start dengan menggunakan kartu IM3.

Update 25 Februari 2015:
Telkomsel juga telah mendukung carrier billing di Google Play Store. Jadi bagi yang menggunakan kartu simPATI, AS dan Halo juga sudah bisa membeli aplikasi Android berbaya di Play Store dengan metode yang sama seperti diatas.

73 Responses to “Beli Aplikasi Android di Google Play Pake Pulsa, Begini Caranya!”

  1. min kok ane blm bisa pdhal opsi pembayaran nya udah ada tapi kgk bisa di gunain ketika memverifikasi akun ggl mulu tulisan nya “terjadi kesalahan coca lagi”pdhl ane pake kartu mentari,apa mungkin baru hnya untuk Im3,mohon penjelasannya min?

    • Achmad Subarti says:

      Indosat Mentari, IM3 dan Matrix pascabayar sudah bisa semua gan.
      Dicoba aja ulang2 emang pada bagian Verifikasi Akun sering gagal (pengalaman), tapi kalau dicoba terus sukses kok gan.

  2. Saya udah coba dan berhasil. Senangnya udah bisa beli aplikasi android di play store pake pulsa. Tapi syang nih yg bisa cuma indosat, telkomsel ditunggu2 belum bisa2, kelamaan.

  3. Ini ngambil pulsa nya ngga di perbulan kan? Cuma pas beli aplikasi baru di potong pulsa nya kan?

  4. Ane udah coba berkali2 sampe puluhan kali tapi belum berhasil gan, selalu muncul verifikasi gagal..
    Dari hari pertama sistem potong pulsa dari indosat ini diumumkan smpe sekarang gak bisa.. kenapa ya..

  5. Sama aku juga gagal kek gitu dari awal ampe skarang masih 😮
    Ampe pusing mikirnya haha

  6. Gan… puna ane…malah metode pembayaran lewat indosat kagak muncul…….ane pake kartu im3…..knapa tuh …gan…padahal punya teman ane udh bisa gan…..

  7. Gan… puna ane…malah metode pembayaran lewat indosat kagak muncul…….ane pake kartu im3…..knapa tuh …gan…padahal punya teman ane udh bisa gan…..?+=##/++/=:-)

  8. Nih saya kasih tips buat beli Game tanpa keluarkan uang, yg di butuhkan cm hp android.
    1. Download aplikasi Whaff Rewards di play store.
    2. Install applikasinya di hp anda.
    3. log in ke fb anda.
    4. Nanti akan diminta invited code. Masukkan aja kodenya AH66871.
    5. Otomatis anda sudah mendapatkan hadiah $0.30.
    6. Selanjutnya tinggal download aplikasi sesuka anda dari Whaff. Nanti anda akan mendapat bayaran mulai dari $0.05 s/d $0.30. Satu hari aja bisa dapat $10 kalau anda rajin download. Setelah di download jalankan Aplikasinya 2 mnt, klo anda tidak suka boleh dihapus tp anda tetap dibayar.
    7. Nah klo sdh terkumpul $10 bisa di transfer ke akun Google Play Store anda, bisa ke akun PayPal, bisa banyak pilihan. Klo ke akun play store kita bisa beli gems atau game berbayar.
    8. Good Luck. Selamat berburu dollar.

  9. Telkomsel udah bisa….. mantap,,,,

  10. maaf mau nanya.. ane mau beli gems coc pake telkomsel (simpati) tapi selalu gagal saat langkah trahir sesaat setelah memilih buy/beli.. selalu nmuncul notifikasi “(Kesalahan, pesan dari penyedia layanan seluler anda : you have insufficient balance, please top up your mobile account)”. apa ada yg mngalami sperti ini.. padahal pulsa lebih dr cukup dan tidak menggunakan wifi..

  11. liamneesons says:

    ane mau gold item pada game of war, terus udah pilih aktifkan penagihan indosat tapi pas diklik pembayaran tetep gagal gan muncul notice “terjadi kesalahan, silahkan coba lagi. itu gimana ya? apa emang gabisa dipake penagihan indosatnya

  12. ane mau gold item pada game of war, terus udah pilih aktifkan penagihan indosat tapi pas diklik pembayaran tetep gagal gan muncul notice “terjadi kesalahan, silahkan coba lagi. itu gimana ya? apa emang gabisa dipake penagihan” indosatnya?

  13. Kesalahan, pesan dari penyedia layanan seluler anda : you have insufficient balance, please top up your mobile account

    Ini masalah yg gw juga alami nih.. ad yg bisa bantu?? Pulsa Gw bahkan melebihi jumlah pembelian yg mw digunakan.

  14. pasword gogle nya ngelihatnya dimana ya

    • Achmad Subarti says:

      Itu password akun google agan yang dipakai untuk menghubungkan ponsel android
      passwordnya cuma agan yang tahu.

  15. Kok pas udah tahap akhir malah gagal. Itu kenapa ya?

  16. Noticenya malah kayak gini: Tidak diperbolehkan karena beresiko tinggi. Silahkan coba lagi dalam 30 menit.
    .
    Padahal udah beli pulsa.

  17. Noticenya malah kayak gini: tidak diperbolehkan karena beresiko tinggi. Silahkan coba lagi dalam 30 menit.
    .
    Itu kenapa yah? Help me please u_u

    • Klo beresiko tinggi itu setau saya karena akun yang terhubung ke playstore masih kurang dari 2 bulan umurnya. Ini salah satu syarat untuk transaksi di playstore.

  18. sudah daftar tapi malah muncul tulisan metode pembayaran ini ditolak solusinya gmn

  19. you have insufficient balance, please top up your mobile account

    Padahal pulsa saya Telkomsel 80.000, saya mau beli yg harga 59.000, kalo tambah PPh 12% kan pulsa saya msh cukup.

    Ada yg punya solusi?

    • sama gan ane juga gitu 🙁

    • Masalah yang sama yang belum ada solusinya, pulsa saya 28000 mau beli aplikasi harga 19999, tapi tetap insifficient balance, ini telkomselnya menjebak maksa kita isi pulsa terus atau bagaimana?, saya ikut nungguin solusinya gan

  20. Muhammad Iqbal says:

    Saya mau beli gems coc lewat Telkomsel tapi dia bilang Metode Pembayaran ini ditolak gimana ya solusinya?

  21. Gan Untuk Telkomsel kok nggak bisa ya ? Padahal Pulsa Saya 50rb Dan aplikasi yang mau saya beli harganya 12rb, trus pda saat pembelian terakhir notifikasinya kayak gini,
    (Kesalahan, pesan dari penyedia layanan seluler anda : you have insufficient balance, please top up your mobile account)
    Gumana gan Solusinya ?

  22. Om, kalau punya saya td pakek kartu xl sempet keluar.. seneng banget waktu udah keluar.. tp saya tinggal beli pulsa.. langsung hilang lai.. tak coba terus.. ga keluar2.. itu kenapa ya? dr komentar di atas, jaringan(sinyal) sangat penting ya om? kartu sudah sempet saya matikan 1 juga..
    makasi.. tolong bantuannya ya om

    • Pengalaman saya klo opsinya ilang, clear data dari aplikasi Google Play tsb cari di Setting>Apps>Google Play>Clear data. Udah itu restart phone, trus buka lagi Google Play nya. Klo masih gagal juga, coba beberapa kali soalnya kadang perlu 2 atau 3 kali buat saya.
      Semoga bermanfaat.

  23. gan pnya ane knpa metode pembayaran ini di tolak ya? padahal udah ngikut step2 nya. pas mau beli jg ga muncul buat ngisi password google nya..mohon pencerahannya gan. makasih.

  24. Xl udah ada gan tolong di update di atas

  25. satria sumpana bangsa says:

    Gak bisa
    Pdhal kartu saya telkomsel
    Slalu muncul klimat ini:you have insuufficient balance please top up your mobile account
    Pdhal pulsa saya mencukupi

  26. Kalo di telkomsel gw selalu ada tulisan ” Subscription is not allowed ”
    Nah kenape tuh ??/ dari yg excited pengen beli sampe gw bosen sendiri akhirnya..
    Parah !!!!

    • Nah, sama gan. Apa maunya cuma app yg sekali beli aja ya? Saya beli akses VIP buat salah satu app, yang mana aksesnya memang ada yg bayar per minggu, perbulan dan per tahun. Apa krn syaratnya langganan makanya ditolak, atau gimana? Mohon bantuannya.

  27. Om ane waktu verifikasi kok gagal trus ya ?

  28. mas, saya sdh coba diatas….ttp ga bisa please top up you mobile account, pas di apus google play dan layanan trus saya masuk app ga ada perubaan kya dibilang isi data2,,,saya mau beli susah x…pfffft

  29. Aku dah berhasil langganan Aplikasi Smule… perbulan rp 12 rb.. nah udh berjalan satu bulan lewat.. aku blm isi pulsa buat lanjut otomatis tagihannya.. nah pas pingin langganan lagi gak bisa.. keterangannya kesalahan.. gak bisa di detect dari server.. itu gimana ya solusinya?

  30. Mau ngirim akun premium duel otak dari android ke ios bisa gak sih lewat pembayaran indosat?

  31. Raymond Tahaka says:

    Ane punya slalu di suruh….Please Top Up your Mobile Account bgtu terus kgk bisa beli2 Gems…..sialan >_<

  32. Noticenya malah kayak gini: Tidak diperbolehkan karena beresiko tinggi. Silahkan coba lagi dalam 30 menit.
    .
    Padahal udah beli pulsa.

  33. Min kenapa kalau keseringan beli gems dll menggunakan pemotongan pulsa telkomsel,ada bacaan terkena limit pembelian,nah cara atasi,a gmn itu min.

    • Achmad Subarti says:

      Setiap operator seluler membatasi maksimal jumlah pembelian aplikasi di play store tiap bulannya.

      Kalau untuk Telkomsel pembelian Aplikasi, In-App Purchases dan Buku Elektroni dibatasi hingga Rp 2,000,000 tiap bulannya (di hitung berdasarkan semua akumulasi pembelanjaan yang sudah dilakukan).

      Jadi solusi agar tidak kena limit, yah tunggu bulan berikurnya agar dapat belanja lagi di Play Store, atau gunakan kartu/nomor handphone yang lainnya.

  34. Saat saya membeli aplikasi saya salah tekan jangan pernah izinkan untuk mengirim verifikasi akun apa ini bisa dibenerin.tolong saranya

  35. Saya sarankan sabar setnebar saja, saya rasa harganya bisa 5.5 jutaan bulan oktober ini dan kalau sabar sampai tahun depan bisa menyentuh 4.. 0

  36. Tpi kafang di tolak..

  37. Tapi kenpa kadang bisa di tolak…

  38. Gan knp sy beli ko gk bisa, pembayaran TDK berasil ubah metode pembyaran, tolong infonya ya

  39. Gan ane bisa beli menggunkan tagihan akun indosat ane brrti mnggunkan pulsa, tpi herannya ane gk ad pulsa tapi bisa beli dengan bill my akun indosat apa itu di tangguhkan kh nnti pas punya pulsa baru di ambil ???

  40. Tolong di respon ane bingung ? Beli pake pulsa tpi pulsanya gk ad tpi bisaa di ad laporan pembelia sukses di kirim dri playstore

    • Achmad Subarti says:

      Maaf baru balas.
      Kejadian itu terjadi saat Indosat lagi Error. Sempat heboh memang, orang2 bisa beli app pake carrier billing Indosat tanpa pulsa kepotong

  41. saya jua diauruh top up account gitu tulisannya padahal pulsa lebih dari cukup tolong dong gan gimana solusinya

  42. Adji Eko Raharjo says:

    Bang ada yang tau gak? Kenapa kalo gua mau recharge diamond nih di crisis action tapi selalu ada catatan gini “pesan dari penyedia layanan seluler anda: User has issuficient credit!” NAHH ITU GIMANA NIH SOLUSINYA BANG?

  43. Gan…verifikasi akun gagal..gimana tuh…? Respon yah

  44. BERHASIL THX… Mksh ya gan,
    Awalnya gagal sekarang berhasil.

  45. Saran buat yangpakai telkomsel gan :
    Saran ane gan kalau muncul pesan “Tidak dapat memverifikasi akun Anda. Coba lagi nanti” coba sim yang selain tekomsel di non aktifkan sementara gan, ini udah ane coba dan suskses. Jadi pakai yang sim telkomsel aja dulu

  46. Kalo masalah opsi pembelian nggak muncul solusi giana gan?

  47. Sampai berapa rupiah dapat membayar melalui potong pulsa waktu membeli konten dalam google play store ya buat prepaid dan postpaid?
    Buat Telkomsel, semua informasi bisa dicari dalam webpage telkomsel tapi buat perusahaan selular yang lain seperti Indosat atau XL Aviata, belum menemu ni.
    Juga apakah ada jumlah maksimal pembelian dalam google play store melalui potong pulsa tidak ya?

Leave a Reply

View Desktop Version