Cara Install Windows 10 Preview for Phone di Lumia

by Achmad Subarti | Filed under Apps & Games, Gadget, Tips & Tutorial.

Cara Upgrade Windows Phone 8 lewat OTA

Windows 10 for Phone memang belum dirilis secara resmi (official), namun apabila kamu kepengen menjajal lebih dahulu OS mobile terbaru dari Micorosoft tersebut, maka kamu dapat mencobanya melalui Windows 10 versi preview.

Saat ini Windows 10 Preview for Phone sudah bisa di install pada hampir semua perangkat Lumia (lihat disini untuk list Lumia yang support Windows 10 Preview for Phone). Jadi apabila ponsel Lumia kamu juga sudah didukung, maka itu tandanya Windows 10 Preview for Phone sudah bisa diinstall.

Untuk menginstall Windows 10 Preview for Phone di Lumia, ada beberapa tahap yang perlu dilakukan. Adapun mengenai caranya dapat dilihat seperti berikut.

Install Windows Insider App

Sebelum dapat mencicipi Windows 10 Preview for Phone, terlebih dahulu kamu diharuskan menginstall Windows Insider App dengan cara:

  1. Pastikan perangkat Lumia kamu sudah menjalankan Windows Phone 8.1 dan tentunya up-to-date.
  2. Pastikan kamu sudah memiliki akun Microsoft yang telah terdaftar di Windows Insider Program. (bila belum silahkan daftarkan dulu di Windows Insider Program).
  3. Download Windows Insider App lalu install di perangkat Lumia.
  4. Setelah Windows Insider App terinstall, langsung jalankan programnya.
  5. Pada tampilan pertama, akan muncul halaman Welcome, tap saja pilihan “Get Preview Builds” untuk melanjutkan (bila diminta, silahkan login menggunakan “akun Microsoft” yang telah terdaftar di Windows Insider Program).
  6. Kemudian akan muncul halaman enroll yang didalamnya terdapat pilihan Insider Slow dan Insider Fast. Pilih saja “Insider Fast” lalu lakukan konfirmasi keikut sertaan kamu di program Insider (termasuk kesediaan untuk membatalkan garansi perangkat).
    Windows 10 for Phone Insider
    Insider Slow atau Fast pada bagian enroll adalah pilihan seberapa cepat kamu ingin menerima update. Slow artinya lambat memperoleh update namun tentunya update yang diperoleh sudah lebih stabil, sementara Fast keuntungannya cepat memperoleh update tetapi bisa jadi update yang diperoleh belum begitu stabil.

Install Windows 10 Preview for Phone di Lumia

Jika Windows Insider App sudah berhasil di install, maka untuk memperoleh Windows 10 Preview for Phone di Lumia sudah sangat mudah dilakukan. Lengkapnya berikut detailnya.

  1. Pastikan Lumia kamu terkoneksi dengan perangkat WiFi yang stabil.
  2. Selanjutnya silahkan masuk ke menu “Settings > Phone Update > Check for Updates” dan akan muncul pop-up update, Silahkan download dan install update tersebut.
    Windows Phone 8.1 update 2 (GDR2)
    Update biasanya memerlukan dua kali proses. Yang pertama kamu akan diminta untuk update ke Windows Phone 8.1 update 2 (GDR2), setelah itu barulah update Windows 10 Preview for Phone tersedia.
    Update Windows 10 Preview for Phone

Resiko Menginstall Windows 10 Preview for Phone di Lumia

Karena untuk menginstall Windows 10 Preview for Phone diharuskan tergabung dalam Windows Insider Program dan memasang aplikasinya, maka resikonya ialah Lumia kamu akan kehilangan garansi.

Dan perlu diingat, Windows 10 Preview for Phone juga masih memiliki banyak bug, jadi kalau kamu adalah pengguna ponsel yang masih awam dan belum terbiasa menghadapi berbagai macam bug, maka sangat disarankan untuk tidak menginstall versi preview ini.

Leave a Reply

View Desktop Version