Cara Membuat Kunci Layar di Android

by Achmad Subarti | Filed under Gadget, Tips & Tutorial.

Kunci Pola Layar Android

Salah satu langkah untuk mengamankan data-data penenting pada smartphone Android ialah dengan cara membuat kunci layar. Kuncil layar disini fungsinya tentu bermanfaat agar orang lain tidak mudah melihat semua data-data di smartphone anda ketika menggunakannya tanpa izin.

Untuk diketahui, secara default sistem operasi Android pada dasarnya sudah menerapkan kuncil layar otomatis yang akan melock semua aktifitas yang terjadi pada touch screen smartphone. Namun sayangnya kuncil layar default ini masih tergolong mudah dibobol karena pengguna hanya cukup mengusap layar untuk membukannya.

Nah agar lebih protektif lagi, anda dapat mengubah dan menerapkan kunci layar yang lebih aman. Di Android sendiri, penguncian layar ada banyak pilihannya. Ada yang menggunakan PIN, Kunci Pola, Kata Sandi dan lain sebagainnya.

Pada tutorial kali ini penulis akan menjelaskan cara membuat Kunci Pola Layar di smartphone Android. Sementara untuk pilihan penguncian lainnya, silahkan disesuaikan saja karena tahap-tahap dibawah ini tidaklah jauh berbeda.

Membuat Kunci Layar di Android

Untuk membuat kunci layar, silahkan langsung masuk ke menu “Pengaturan > Pengaturan Keamanan > Gembok Layar

Membuat Gembok Layar di Android

Berikutnya anda akan disajikan beberapa metode pilihan penguncian layar. Ada pilihan Geser, Muka (membuka kunci dengan menatap layar), Pola, dan Sandi. Contoh disini silahkan pilih “Kunci Pola”. Setelah itu tulis pola kunci yang sesuai dengan keinginan anda (lihat contoh gambar dibawah).

Membuat Kunci Pola Layar Android

Ingat kuncil pola diatas hanyalah contoh, pastikan anda membuat kunci pola yang sedikit rumit bagi orang lain namun tentunya mudah anda ingat.

Bila kunci pola berhasil dibuat, tutup semua pengaturan yang sudah dibuka, lalu anda dapat mengujicobanya dengan cara, matikan layar smartphone (tekan tombol power sekali saja), lalu nyalakan kembali layarnya. Selanjutnya silahkan masukkan kunci pola yang sudah dibuat untuk membuka layar smartphone.

One Response to “Cara Membuat Kunci Layar di Android”

  1. Kalau yang kayak gini takut lupa kunci sama takut layarnya ga sensitif pas kekunci. :/ Pernah ngalamin soalnya.

Leave a Reply

View Desktop Version