Cara Update Lumia Windows Phone via OTA

by Achmad Subarti | Filed under Gadget, Tips & Tutorial.

Cara Upgrade Windows Phone 8 lewat OTA

Update Lumia Cyan yang didalamnya datang bersama upgrade Windows Phone 8.1 saat ini sudah dapat dinikmati oleh pengguna Nokia Lumia di Indonesia. Sebagian yang telah mencicipi software update terbaru ini pun mengaku cukup puas dengan fitur-fitur tambahannya misalnya seperti Home screen baru, Action Center, Keyboard Word Flow, Peningkatan daya tahan baterai, dan masih banyak lagi.

Jadi bagi anda yang belum sempat melakukan update, baiknya segera saja memperbarui gadget Lumia anda agar fitur menarik tersebut dapat dinikmati.

Untuk melakukan update sistem operasi Lumia ke versi terbaru, selain dapat menggunakan aplikasi Nokia Software Updater (NSU), anda juga dapat melakukan update dengan metode OTA (Over The Air).

Kelebihan update Windows Phone via OTA

Dibanding dengan metode update menggunakan aplikasi NSU, update Lumia Windows Phone via OTA memeliki kelebihan dari segi efisiensi dan kemanan data. Jelasnya hal itu diantaranya seperti

  • Updat via OTA dapat dilakukan secara langsung melalui gadget (tidak perlu menggunakan PC/Laptop)
  • File update yang akan didownload jauh lebih kecil dibanding dengan metode update lainnya
  • Data-data seperti aplikasi, foto, video dan lain sebagainnya yang berada di internal memori gadget tidak akan hilang.

Kekurangan update via OTA

Salah satu kekurangan melakukan update Windows Phone dengan metode ini di Lumia, ialah tidak adanya support untuk update OTA menggunakan data seluler 3g, alias anda hanya dapat melakukannya ketika terhubung dengan jaringan Wi-Fi.

Hal-hal yang perlu diperhatikan

Agar semuanya berjalan lancar, pastikah hal-hal berikut ini sudah terpenuhi

  • Proses download firmware dan install update biasanya memakan waktu lama (tergantung koneksi internet dan besarnya data yang didownload), jadi pastikan daya baterai Lumia dalam keadaan mencukupi, atau kalau masih ragu sambil di charge juga bisa.
  • Memori internal mencukupi. Disarankan masih tersesisa 1.5 GB.
  • Koneksi jaringan Wi-Fi yang dipakai tidak lemot dan putus-putus, sebab jika bermasalah saat proses sedang berjalan maka bisa jadi Lumia anda akan error, atau para WP Lovers biasa menyebutnya dengan brick.

Cara Update via OTA

  1. Pastikan Lumia anda sudah dalam keadaan terkoneksi dengan jaringan Wi-Fi.
  2. Pada smarthone Lumia, masuk ke menu “Setting > Phone Update” lalu tap/sentuh pilihan “Check for Updates”.

    Ket: Jika sebelumnya Lumia anda telah melakukan check dan download update secara otomatis, maka pilih “Show details”, lalu lanjutkan seperti di tahap no 4 dibawah.

  3. Jika update terbaru tersedia, maka silahkan “Download” dan tunggu hingga selesai. Untuk Lumia 520 misalnya, data file update Cyan + Windows Phone 8.1 kurang lebih 650MB.
    Windows Phone 8.1 Update OTA
  4. Jika proses download selesai, akan muncul pop-up untuk memulai proses pembaruan, silahkan pilih “Install” dan otomatis Lumia anda akan restart dan melakukan pembaruan. Pilih Done atau “Continue” Jika penginstalan update telah selesai.
    Windows Phone 8.1 Cyan OTA Upgrade
  5. Selamat, kini Lumia anda sudah mendapatkan os terbaru. Untuk melihat versi update, silahkan masuk ke menu “Setting > Abaut”.
    Windows Phone 8.1 Cyan

Tips tambahan

Jika kesulitan mencari koneksi Wi-Fi hanya untuk sekedar update Windows Phone via OTA. Maka coba saja manfaatkanlah fitur tethering di smartphone lain. Artinya begini, cari smartphone sahabat anda yang dapat di jadikan WiFI Hotspot, setelah itu gunakanlah jaringannya sebagai media update.

Tapi ingat pastikan koneksi harus dalam kondisi baik dan tidak lelet. Dan ingat isi paket data selular (3G) nya harus banyak. Yah sekitar 2GB untuk jaga-jaga saja sudah cukup.

2 Responses to “Cara Update Lumia Windows Phone via OTA”

  1. mas mau nanya kok lumia saya update via ota gagal terus tulisannya disitu “file sudah terunduh tapi tidak bisa kebuka , itu kenapa ya mas., saya uda gagal update lima kali belum berhasil sama sekali. hp sy lumia720 cyan mau update ke denim mas.

  2. Lumia 535 milik saya…sudah lebih dari 6bulan di sudah lewat 31juli 2016 sudah di update tetapi masih di atas 0% terus belum selesai akibat jaringan data seluler lambat dan wifi selalu lemot,kecepatan wifi kurang dari 10mb memang lambat,,,,,jadi saya minta petunjuk
    Saya sudah dapat kabar gembira update Windows10 untuk lumia saya dari aplikasi konsultan peningkat windows 10 ,,,,jdi bagaimana skarang ini update ke Windows 10 selanjutnya

Leave a Reply

View Desktop Version