Membuat Tulisan Bahasa Arab (atau Bahasa Lainnya) di Windows 10 Mobile

by Achmad Subarti | Filed under Gadget, Tips & Tutorial.

Bisakah menulis teks dengan huruf berbahasa Arab, India, Jepang, China, Thailand atau bahasa lainnya di device Windows 10 Mobile? Jika seperti itu pertanyaannya, maka jawabnya tentu saja bisa dan itu bukanlah hal sulit untuk dilakukan.

Di device Windows 10 Mobile, kamu dapat membuat tulisan dengan karakter bahasa apapun. Dan pastinya itu semua bisa di tuliskan baik itu pada document catatan seperti Microsoft Office, OneNote maupun di pesan singkat seperti SMS atau aplikasi chatting lainnya.

Baca juga: Cara Mengubah Settingan Bahasa di Windows 10 Mobile

Untuk membuat tulisan dengan teks bergaya bahasa seperti disebutkan diatas, yang perlu dilakukan hanyalah sedikit setting pada keyboard Windows 10 Mobile.

Menambah Pilihan Input Bahasa di Keyboard Windows 10 Mobile

Agar bisa menulis teks dengan karekater bahasa tertentu—misal bahasa Arab, syaratnya kamu perlu memastikan bahwa keyboard di device-mu sudah mendukung input bahasa tesebut. Bila belum, silahkan tambahkan terlebih dahulu dengan cara seperti berikut.

Pada device Windows 10 Mobile, silahkan masuk ke menu “Pengaturan > Waktu dan bahasa > Keyboard”. Dari situ lanjutkan dengan memilih “Tambah Keyboard” untuk menambahkan input bahasa yang di inginkan.

Add Language Keyboard Windows 10 Mobile

Berikutnya pilih language packs keyboard yang kamu inginkan, dalam hal ini dicontohkan bahasa Arab. Setelah itu tab tombol Ok untuk download filenya (koneksi internet dibutuhkan dalam proses ini).

Bahasa Arab di Windows 10 Mobile

Language pack akan didownload lewat Windows Update. Jadi silahkan lakukan pembaruan dengan cara masuk ke “Pengaturan > Pembaruan dan cadangan > Pembaruan telepon” lalu unduh dan install filenya.

Add Language Support Keyboard Windows 10 Mobile

Cara Menggunakan Input Bahasa di Keyboard Windows 10 Mobile

Bila input di keyboard sudah mendukung bahasa yang di inginkan, maka sekarang kamu sudah bisa menuliskan teksnya, baik itu pada dokumen catatan atau kotak pesan.

Contoh menulis huruf arab pada pesan SMS. Kamu cukup melakukan switch (geser) tombol ketik “Space” ke kiri atau ke kanan untuk mengganti input teks ke bahasa yang diinginkan yaitu bahasa arab (lihat pada gambar).

Input Bahasa Arab di Keyboard Windows 10 Mobile

Cara diatas berlaku untuk keyboard yang masih tersetting default. Untuk memudahkan, kamu juga bisa memunculkan tombol khusus pergantian input bahasa pada keyboard Windows 10 Mobile. Caranya masuk ke menu “Pengaturan > Waktu dan bahasa > Keyboard > Pengaturan keyboard selengkapnya” lalu beri centang “Tampilkan tombol pergantian bahasa“.

Menampilkan Tombol Pergantian Bahasa di Windows 10 Mobile

Apabila sudah di aktifkan, maka ketika ingin menggunakan input teks bahasa tertentu, kamu cukup pilih saja tombol pergantian bahasa yang sudah disertakan khusus di keyboard.

Tombol Pergantian Bahasa di Keyboard Windows 10 Mobile

Leave a Reply

View Desktop Version