Tips Windows 10: Memunculkan Kembali Menu Command Prompt di Klik Kanan Start Button

by Achmad Subarti | Filed under PC & Tablet, Tips & Tutorial.

Agar kamu lebih memilih PowerShell, Microsoft secara berlahan mulai membatasi ketergantungan pengguna Windows terhadap Command Prompt, dan ini cukup terlihat jelas pada sistem operasi Windows 10, khususnya sejak Windows 10 Creator Update hadir.

Bila sebelumnya menu Command Prompt dapat ditemukan dengan mudah saat kamu melakukan klik kanan Start Button (atau saat menekan tombol “Windows + X” di keyboard), di Windows 10 Creator Update menu tersebut tidak tersedia lagi karena defaultnya sudah terganti menjadi menu Windows PowerShell.

Menu Command Prompt tidak tersedia saat icon tombol Start di klik kanan

Sebenarnya disini Microsoft lebih condong memperlihatkan akses yang mudah ke PowerShell dan “sedikit” menyembunyikan Command Prompt. Tujuannya agar kamu mau mencoba dan mulai lebih mengenal PowerShell sebagai commend line (sekaligus shell scripting) yang lebih powerful ketimbang Command Prompt yang hanya sebatas baris perintah DOS.

Tetapi meski PowerShell lebih baik, bagi kamu yang belum bisa benar-benar move-on dari Command Prompt yang lebih familier, kamu masih dapat menghadirkan kembali menu Command Prompt yang hilang tersebut. Adapun caranya ialah sebagai berikut.

Cara Memunculkan Kembali Menu Command Prompt di Klik Kanan Start Button

Masuk ke Settings (bisa dengan cara menekan tombol keyboard “Windows + i”). lalu pilih menu “Personalisation > Taskbar

Setelah itu swipe pada opsi “Replace Command Prompt with Windows PowerShell in the menu when I right-click the start button or press Windows log key + X” dari ON ke Off

Bila langkah diatas dilakukan, maka menu Windows PowerShell dan Windows PowerShell (Admin) akan berganti menjadi Command Prompt dan Command Prompt (Admin)

Untuk mengembalikan ke semula, cukup ON kan saja opsi yang sudah kamu Off seperti diatas.

Leave a Reply

View Desktop Version