Root dan Unroot Xiaomi Mi3, Mi4 Menggunakan Developer ROM

by Achmad Subarti | Filed under Gadget, Tips & Tutorial.

Ponsel Xiaomi

Secara default ketika Xiaomi Mi3 atau Xiaomi Mi4 pertama kali dibeli, maka MIUI ROM yang terinstall didalamnya ialah versi Stable ROM. Nah disinilah letak kekurangannya, karena jika kedua ponsel tersebut masih menggunakan stable rom, maka anda tidak akan bebas mengopreknya terutama untuk urusah root. Yah walau pada dasarnya proses root masih dapat dilakukan dengan menginstall aplikasi rooting tertentu, namun dampak negatifnya ialah ponsel tidak dapat lagi melakukan update official firmware melalui OTA.

Khusus bagi anda yang pengen dengan mudah dapat melakukan root dan unroot Xiaomi Mi3 maupun Mi4 namun tidak ingin kehilangan kesempatan dalam melakukan dukungan melalui update via OTA, maka solusinya ialah silahkan gunakan MIUI ROM versi Developer.

Note: Informasi mengenai perbedaan Stable ROM dan Developer ROM dapat dilihat disini.

Ingat yah, sebelum melanjutkan kelangkah-langkah berikutinya. Pastikan untuk selalu membackup data ponsel Xiaomi anda (baca: Cara Backup dan Restore Data Xiaomi) untuk menjaga keamanan data jika terjadi kesalahan.

Install Developer ROM di Xiaomi Mi3, Mi4

Langkah perta sebelum melakukan root ialah tentunya anda harus terlebih dahulu menignstall Developer ROM diponsel Xiaomi Mi3, Mi4 dengan cara seperti berikut

Cara Root Xiaomi Mi3, Mi4 Menggunakan Developer ROM

Jika ponsel Xiaomi anda sudah terinstall Developer ROM, maka dipastikan anda sudah dapat melakukan root. Caranya cukup buka aplikasi Security, pilih Permission dan aktifkan opsi Root permission (jika muncul sebuah peringatan, pilih saja “ok”).

Root permission MIUI Xiaomi

Cara Unroot Xiaomi Mi3, Mi4

Untuk proses unroot, caranya juga sangat gampang. Cukup masuk kembali ke aplikasi Security > Permision > non aktifkan opsi Root permission.

Nb: Salah satu kelebihan menggunakan Developer ROM ialah anda sangat bebas mengutak atik android MIUI khususnya untuk keperluan root. Proses root yang dilakukan juga terbilang legal dan ponsel anda dijamin masih tetap akan menerima update official firmware lewat OTA, dimana hal ini tidak akan terjadi jika anda melakukan root pada Mi3 atau Mi4 yang masih menggunakan default Stable ROM.

3 Responses to “Root dan Unroot Xiaomi Mi3, Mi4 Menggunakan Developer ROM”

  1. meskipun bisa di unroot tapi tetep aja garansinya sudah hilang ya

  2. siang,

    gan saya selesai update develper room tapi setelah digunakan account googe dan google play tidak bisa digunakan. mohon petunjuknya
    thx

  3. Gan saya udah selesai udate dengan developer rom akan tetapi root permission di security nya nggak muncul.tolong pencerahan nya gan.

Leave a Reply

View Desktop Version