Tips Ampuh Root dan Unroot Xiaomi Redmi 1S

by Achmad Subarti | Filed under Gadget, Tips & Tutorial.

Spesifikasi, Fitur, Harga Xiaomi Redmi 1S

Xiaomi Redmi 1S adalah jenis ponsel Android MIUI yang cukup baik. Namun demikian sebaik apapun ponsel itu dibuat, beberapa fitur default yang sudah disematkan didalamnya juga terkadang masih belum dapat memberikan kepuasan yang lebih.

Dari sebab itulah sangat tidak mengherankan jika keinginan untuk melakukan root pada Xiaomi Redmi 1S juga kerap timbul dipikiran. Tujuannya tentu agar sistem Android MIUI pada ponsel Xiaomi tersebut dapat di tweaking sesuka hati.

Untuk itu khusus bagi anda yang ingin melakukan root pada Xiaomi Redmi 1S, maka anda dapat melakukannya dengan langkah-langkah seperti dibawah ini lengkap dengan cara melakukan unroot untuk mengembalikan fungsi sistemnya ke sediakala jika diinginkan.

Hal Yang Perlu Dipersiapkan

  • Proses rooting tidak menghapus data apapun di memori, namun untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan, ada baiknya lakukan backup data terlebih dahulu.
  • Metode root/unroot ini khusus untuk ponsel Xiaomi Redmi 1S yang masih menggunakan MIUI room versi Stable build (belum diutak-atik menggunakan Room custom atau sejensinya).
  • Sebelum memulai proses root, aktifkan dulu mode Developer Options (Opsi Pengembang) Redmi 1S anda. Cara mengaktifkannya cukup masuk ke “Settings > About Phone > tap (sentuh) menu Android version sebanyak 7 kali
    Enable Developer Options Xiaomi Redmi 1S

Download File Yang Dibutuhkan

Cara Root Xiaomi Redmi 1S

  1. Simpan file update.zip (berkas root) yang sudah didownload ke internal storage memori Redmi 1S anda.
    MIUI update.zip
  2. Matikan (turn off) ponsel Xiaomi Redmi 1S anda.
  3. Masuk me modus Mi Recovery dengan cara tekan dan tahan tombol Volume up(+) dan Power secara bersamaan hingga memu Mi Recovery muncul dilayar.
  4. Dalam modus Mi Recovery, silahkan pilih bahasa Inggris.

    Gunakan tombol Volume Up(+) dan Volume Down(-) untuk menavigasi naik turun menunya, dan tombol Power untuk mengeksesuki menu yang ada.

  5. Pilih Install update.zip to System lalu silahkan install berkas root (update.zip) yang sudah anda download dan disimpan di internal storage (tunggu hingga proses instalasi selesai).
    Mi Recovery Xiaomi Redmi 1S
  6. Setelah proses install selesai, pilih menu Reboot > Reboot to System untuk menghidupkan kembali ponsel anda.
  7. Usai restart, langsung jalankan aplikasi Security, pilih Permission lalu aktifkan menu opsi Root permission.
    Root-permission-MIUI-Xiaomi
  8. Selamat, sampai disini Redmi 1S anda sudah dalam keadaan ter root.

Ingat, efek dari root diatas menyebabkan MIUI Redmi 1S anda sudah tidak dapat lagi diupdate ke versi terbaru via OTA. tapi untuk urusan update MIUI room secara manual tentu masih tetap dapat dilakukan.

Namun bagi anda yang tidak suka melakukan update dengan cara manual, solusi untuk mengembalikan sistem Redmi 1S agar dapat diupdate kembali via OTA, tentu yaitu dengan cara melakukan unrrot seperti dibawah ini.

Cara Unroot Xiaomi Redmi 1S

  1. Untuk unroot, buka kembali aplikasi Security, pilih Permision lalu non aktifkan opsi Root permission.
  2. Dan agar proses unroot benar-benar bersih, silahkan copy file unrootnative_redmi1s.zip yang sudah didownload ke internal storage ponsel Xiaomi anda lalu ubah namanya menjadi update.zip.
  3. Install berkas unroot tersebut melalui modus Mi Recovery (cara installnya sama seperti cara menginstall script root diatas yah!).

One Response to “Tips Ampuh Root dan Unroot Xiaomi Redmi 1S”

  1. Root bisa tweaking, tidak perlu ke service

Leave a Reply

View Desktop Version