Transfer File dari PC ke Smartphone Menggunakan SHAREit

by Achmad Subarti | Filed under Gadget, PC & Tablet, Tips & Tutorial.

SHAREit merupakan aplikasi besutan Lenovo dimana ketersediaannya sendiri tidak hanya ada diperangkat Smartphone Android, iOS dan Windows Phone/Mobile saja, tapi juga tersedia di perangkat Desktop PC/Laptop baik itu yang memakai sistem operasi Windows maupun Mac.

Secara garis besar, SHAREit adalah aplikasi yang bisa kamu pakai untuk keperluan berbagi file (mengirim dan menerima file) seperti foto, video, musik, dokumen bahkan folder sekaligus dari satu perangkat ke perangkat lain.

Kelebihan dari SHAREit terletak pada cara kerjanya yang hanya memerlukan perangkat WiFi (Portable Hotspot) sebagai jalurnya dalam melakukan transfer file. Karena melalui WiFI itu pula, SHAREit membuat kamu mampu melakukan transfer file berukuran besar hingga 100GB dengan proses yang lebih cepat ketimbang menggunakan Bluetooth.

Dengan metode transfer file SHAREit yang hanya memerlukan perangkat WiFi, maka untuk penggunaannya di PC/Laptop, aplikasi ini juga bisa menjadi solusi untuk berkirim file khususnya bagi kamu yang mempunya PC/Laptop yang memang dasarnya tidak dibekali Bluetooth.

Menggunakan SHAREit Untuk Transfer File

Pada dasarnya SHAREit bisa kamu gunakan untuk melakukan transfer file dari PC ke PC, PC ke Smartphone (atau sebaliknya), maupun dari Smartphone ke Smartphone. Itu semua tergantung kebutuhan kamu.

Namun untuk mempersingkat, disini saya hanya menjelaskan cara transfer file dari PC ke Smartphone. (Untuk transfer file dari perangkat berbeda, misal dari PC ke PC atau Smarphone ke Smartphone, cukup sesuaikan saja karena caranya tidaklah jauh berbeda).

Install Aplikasi SHAREit di Perangkatmu

Agar bisa memanfaatkan fungsi SHAREit, tentunya perangkat kamu haruslah sudah terpasang aplikasinya. Jika belum silahkan download lewat link dibawa sesuai dengan jenis perangkat kamu.

SHAREit untuk Android

SHAREit untuk iOS

SHAREit untuk Windows Mobile & PC/Laptop Windows 10 (versi UWP)

SHAREit untuk PC/Laptop Windows (versi Desktop)

SHAREit untuk Mac

Cara Transfer File dari PC ke Smartphone Menggunakan SHAREit

Contoh disini saya menggunakan Laptop Windows 10 dengan aplikasi SHAREit versi UWP, dan pada smartphone saya menggunakan Microsoft Lumia dengan Windows 10 Mobile yang juga sudah terpasang aplikasi SHAREit.

  1. Langkah pertama, jalankan aplikasi SHAREit yang sudah terpasang di Laptop dan di Smartphone kamu
  2. Misal kamu ingin transfer file musik dari Laptop ke smartphone, maka pilih menu “Send” pada aplikasi SHAREit yang ada di Laptop

    Masukkan file musik yang ingin kamu transfer kedalam list lewat tombol “Add > File

    Pilih “Send” untuk mengirim file yang di masukkan dalam list

    Pada halaman Select user to send, pilih menu “no wifi

    Dan kamu akan melihat halaman create connection yang berisi informasi nama WiFi Portable Hotspot dan Password (default 11111111) yang dibagikan oleh SHAREit pada perangkat Laptop (lihat contoh gambar dibawah)
  3. Berikutnya lanjut di smartphone, silahkan hubungkan smartphone kamu ke koneksi WiFi yang sebelumnya sudah dibuat oleh SHAREit yang ada di laptop

    Di smartphone, hubungkan ke koneksi WiFi dan masukkan Password sesuai yang di tampilkan di SHAREit Laptop
  4. Lihat SHAREit di Laptop, jika statusnya sudah berubah seperti gambar dibawah, berarti kedua perangkat sudah berhasil terhubung
  5. Kembali ke smartphone, pada aplikasi SHAREit smartphone pilih tombol “Terima
  6. Lalu pada SHAREit di Laptop, pilih tombol “Start” untuk mulai mentransfer file
  7. Jika tidak ada masalah maka proses transfer akan berjalan dengan otomatis

    Gbr: SHAREit di Laptop bila proses transfer file sukses

    Gbr: SHAREit di smartphone bila transfer file sukses

Itu adalah contoh untuk transfer file dari PC/Laptop ke Smartphone. Bagaimana jika sebaliknya, dari Smartphone ke PC/Laptop? Intinya sama saja, hanya untuk proses pada bagian 2, 4, 6 dilakukan dari Smartphone, sementara langkah pada bagian 3 & 5 dilakukan dari Laptop.

Masih belum mengerti? Hemmm saya juga pusing menjelaskannya. Intinya silahkan praktekan langsung dan pasti kamu akan paham dengan sendirinya, atau jika ada hal lain yang ingin kamu tanyakan silahkan langsung sampaikan lewat kotak komentar.

2 Responses to “Transfer File dari PC ke Smartphone Menggunakan SHAREit”

  1. Trims

  2. Kami kalau dikantor menggunakan share it. Bagus sekali dan cepat dalam hitungan berapa mega sizenya.

Leave a Reply

View Desktop Version