Tutorial Infinix Hot 2: Cara Upgrade OTA ke Marshmallow (untuk ROM Android One)

by Achmad Subarti | Filed under Gadget, Tips & Tutorial.

Android One generasi kedua, Infinix Hot 2 sebenarnya sudah mendapatkan jatah update OTA ke Android 6 Marshmallow sejak awal tahun 2016 kemarin (akhir Januari). Namun karena ada sedikit kendala keamanan, update tersebut ditarik kembali oleh Google. Hasilnya beberapa pengguna yang belum sempat melakukan upgrade, harus menunggu lebih lama untuk bisa merasakan Android versi baru tersebut.

Infinix Hot2 Android Marshmallow

Tapi sekarang update Marshmallow sudah kembali mulai digulirkan untuk Infinix Hot 2. Jadi bagi kamu pengguna Infinix Hot 2 yang sudah tidak sabaran merasakan fitur baru Marshmallow, kini saatnya lah melakukan upgrade.

Seperti pada Android One generasi pertama (Baca: Upgrade OTA Marshmallow di Mito Impact A10, Nexian Journey One, Evercoss One X). Upgrade OTA di Infinix Hot 2 juga bisa kamu lakukan dengan dua cara, yakni secara otomatis dan manual. Untuk lebih jelas mengenai kedua cara upgrade tersebut, silahkan simak langkah-langkahnya seperti dibawah ini.

Ingat, sebelum melakukan upgrade selalu pastikan kapasitas baterai handphone dalam keadaan full (minimal 80%).

Upgrade OTA Infinix HOT 2 Secara Otomatis

Cara ini bisa dilakunan dengan mudah. Karena bila update OTA telah tersedia, biasanya perangkat akan menerima notifikasi. Namun bila notifikasi belum mencul, lakukan hal berikut:

  1. Pastikan perangkat terknoneksi dengan Internet (disarankan menggunakan WiFi)
  2. Pada perangkat, silahkan masuk ke menu “Pengaturan > Tentang ponsel > Pembaruan system > Periksa pembaruan”.
  3. Jika terdeteksi ada update, silahkan download. Setelah itu install filenya dan perangkat akan reboot dan melakukan penginstalan secara otomatis.
    Update Marshmallow Infinix Hot 2

Bila kamu sudah mengecek pembaruan system seperti diatas, namun perangkat belum juga menerima update OTA ke Android Marshmallow, maka jalan lain silahkan lakukan upgrade secara manual seperti dibawah ini:

Upgrade OTA Infinix HOT 2 Secara Manual

Persiapan sebelum upgrade OTA manual

Install Stock ROM Android One lewat Recovery Mode

  1. Masuk ke menu recovery, caranya:
    • Pada posisi perangkat dalam keadaan mati (OFF), tekan dan tahan tombol “Power” + “Volume Up (pengeras suara)” secara bersamaan selama beberapa detik hingga layar menyala dan menampilkan logo Infinxi.
    • Pada menu yang muncul dilayar, silahkan pilih menu “Recovery mode”.

    Dalam recovery mode gunakan tombol “Volume Up/Volume Down” untuk menavigasi menu, dan gunakan tombol “Power” untuk mengeksekusi/masuk kemenu yang diinginkan.

  2. Setelah masuk ke recovery mode, pilih menu “apply update from SD card
  3. Selanjutnya kamu akan diarahkan ke directory untuk memilih file update. Silahkan pilih file Stock ROM yang sudah kamu simpan di SD-Card.
  4. Proses install file upgrade/update akan dimulai. Disini akan sedikit memakan waktu. Tunggu hingga proses selesai.
  5. Jika proses selesai, perangkat akan kembali diarahkan ke halaman recovery mode. Disini cukup lakukan reboot dengan memilih menu “reboot system now”.
    Upgrade Marshmallow Infinix via recovery mode
    Sorry gambar buram. Maklum saat ke tempat Wifi untuk upgrade, admin lupa bawa handphone lain yang kameranya bagus.

Catatan Tambahan Usai Upgrade

Leave a Reply

View Desktop Version