Universal Apps Jadi Daya Tarik Windows 10 & Windows 10 Phone

by Achmad Subarti | Filed under Apps & Games, News.

Continuum Start Screen Windows 10

Salah satu yang paling menarik di Windows 10 dan Windows 10 Phone ialah karena ketersediannya yang sudah dilengkapi dengan universal apps. Fitur itulah yang terus didengungkan oleh Microsoft untuk memikat seseorang agar mau melirik sistem operasi barunya ini.

Untuk diketahui, universal apps bisa dikatakan aplikasi untuk semua. Maksudnya ialah aplikasi yang tergabung dalam kategori ini adalah aplikasi yang bisa digunakan pada seluruh perangkat, baik itu pada komputer/laptop, tablet, maupun smartphone.

Nah dalam ajang developer Build 2015 yang digelar Rabu (29/4/) kemarin malam, selain mengungkapkan kehadiran Microsoft Edge sebagai browser baru pengganti Internet Explorer, Microsoft juga kembali membahas banyak hal mengenai universal apps di Windows. Dari sinilah muncul beberapa poin yang akan membuat Windows 10 maupun dan Windows 10 Phone bakalan semakin menjadi perhatian nantinya baik bagi developer maupun pengguna biasa.

Android dan iOS Apps Bisa Dibawa ke Universal Apps Windows

Conver Android dan iOS Apps ke Universal Apps Windows

Bagi developer, universal apps bisa menjadi jalan untuk memperluas karya mereka ke Windows. Hal ini lantaran para developer yang sudah mengembangkan aplikasi maupun game untuk perangkat iOS maupun Android, juga bisa membawa aplikasi mereka dengan mudah ke universal apps tanpa perlu membuat ulang dari nol lagi.

Microsoft sendiri menghadirkan dua buah development kit (SDK) baru di Visual Studio. Dari SDK tersebutlah, para developer bisa mengkonvert ulang aplikasi iOS maupun Android buatannya menjadi aplikasi universal Windows.

Konsepnya begini, melalui SDK tersebut developer tetap dapat membuka dan menggunakan secara utuh source code Java/C++ dari aplikasi Android agar bisa berjalan di universal apps Windows. Sementara untuk aplikasi iOS yang menggunakan source code Objective-C juga bisa dipakai untuk diubah ke aplikasi universal.

Aplikasi Berbasis Website dan Windows Desktop Juga Bisa Diubah ke Universal Apps

Saat ini Microsoft sedang menyiapkan cara baru agar aplikasi yang berbasis website dan Windows desktop dapat menjadi universal apps Windows.

Konsepnya memang belum dijelaskan secara detail, namun Microsoft memastikan telah menyediakan sebuah sistem yang memungkinkan developer sebuah situs dapat dengan mudah membuat aplikasinya menjadi universal apps. Begitu pula dengan aplikasi dekstop, developer juga tetap dapat memanfaatkan NET dan Win32 dan membawa aplikasi buatannya ke universal apps.

Menjadi Daya Tarik Bagi Pengguna

Universal-Apps

Bayangkan bila aplikasi maupun game yang ada di iOS, Android, dan aplikasi Windows desktop maupun aplikasi yang berbasis website semuanya berkumpul jadi satu sebagai universal app di Windows Store. Tentunya kamu sebagai pengguna akan menemukan beragam aplikasi yang bisa dipilah pilih sesuai kebutuhan.

Dan yang menariknya semua aplikasi itu juga bisa digunakan dalam banyak perangkat baik itu di perangkat komputer/laptop, tablet, maupun smartphone berbasis Windows 10 atau Windows 10 Phone.

Leave a Reply

View Desktop Version